Saturday, November 24, 2012

AS Bangun Kapal Selam Tanpa Awak Canggih


Share to:
AS buat kapal selam tanpa awak/ pardaphash.com
Mungkin kita telah akrab mendengar nama pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle) atau drone. Namun, bagaimana dengan kapal selam tanpa awak? Mungkin masih terdengar asing.

Departemen Pertahanan Amerika Serikat saat ini telah membuat kapal selam tanpa awak itu. Kapal selam ini bisa beroperasi di lautan, melacak dan mengikuti kapal selam musuh selama berbulan-bulan.



The Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), yang bertugas mengembangkan teknologi militer baru, memulai proyek pembuatan kapal selam tanpa awak ini karena sejumlah alasan.

"Meningkatnya jumlah musuh yang mampu membangun kapal selam tenaga diesel merupakan ancaman keamanan nasional yang mempengaruhi operasi pelayaran AS dan negara sahabat di seluruh dunia," demikian pernyataan DARPA.

Pada Agustus yang lalu, DARPA memberikan kontrak US$58 juta kepada Science Applications International Corporation (SAIC), untuk mendesain, membangun, dan menciptakan prototype kapal selam tanpa awak ini.


AS bangun kapal selam tanpa awak/ DARPA

Kapal selam tanpa awak ini bisa berpatroli di laut AS selama 80 hari. Mampu menempuh jarak ribuan kilometer dengan menggunakan teknologi sensor nonkonvensional. "Yang mempu melacak lintasan kapal selam yang paling tenang selama beroperasi."

Tugas utama kapal selam tanpa awak AS ini adalah berpatroli di perairan dan mengusir kapal selam musuh dari wilayahnya. Wahana canggih ini juga bisa mengumpulkan informasi yang dianggap penting oleh pemerintas AS, yang kemudian dikirimkan ke komandan AL AS di daratan.

Kapal selam tanpa awak yang diuji itu masih berupa prototype. DARPA memperkirakan kapal selam tanpa awak ini akan bisa beroperasi pada 2015 mendatang. Sumber.

2 comments:

  1. Waahhh, teknologi makin canggih aja ya, Sob. Kapal selam pun sekarang tanpa awak dan bekerja secara otomatis. Oh ya, gambar yang atas itu bentuknya kok kayak pesawat ulang-alik gitu ya....

    ReplyDelete
  2. Kapal selam kita kayakny msh usang belum diperbaharui. Bahas donk persenjataan rahasia RI. Nuhun Gan!

    ReplyDelete