Thursday, November 8, 2012

Orang Mati Menangkan Pemilihan Senat di AS


Share to:
theatlantic.com
Ada yang unik dalam pemilihan umum di Amerika Serikat, Rabu 7 November 2012. Betapa tidak, salah satu calon senat yang telah meninggal bisa memenangkan pemilihan senat.

Kejadian tidak biasa itu berada di Texas. Ceritanya, calon senat dari Partai Demokrat, Mario Gallegos, telah meninggal sebulan yang lalu. Namun, karena pelaksanaan pemilu kurang dari 74 hari, Gallegos tetap ikut dalam pemilihan senat.

Hasilnya, Gallegos menang. Dia mengalahkan saingan beratnya dari Partai Republik. Satu kursi senat pun berhasil direbut pria yang telah meninggal itu. "Dia selalu ada untuk masyarakat," kata teman lama Gallegos, Juan hernandez, seperti dikutip Houston Chronicle.

Gallegos meninggal karena penyakit komplikasi pada Oktober yang lalu. Berdasarkan hukum di Texas, maka Gubernur Rick Perry yang berasal dari Partai Demokrat akan menyatakan posisi lowong itu. Gubernur kemudian akan menjadwalkan pemilihan khusus untuk mengisi kursi senat yang kosong itu.

Gallegos bukan satu-satunya orang yangtelah meninggal yang ikut dalam pemilihan ini. Di Florida, juga terdapat calon yang telah meninggal, Earl K Wood. Namun, dia bukan calon senator. Melainkan untuk pemungut pajak. Pemungut pajak di Amerika Serikat memang dipilih melalui pemilihan umum seperti ini.

Wood telah menjadi pemungut pajak di Florida selama tiga dekade terakhir. Karena nama sudah tercetak, Partai Demokrat yang mencalonkan Wood berhak mencari penggantinya dan tersebutlah dia, Scott Randolph. Jelas nama Randolph tak ada dalam surat suara, namun Demokrat menjelaskan ini dalam selebaran kampanye. 

Sementara, dalam pemilu presiden, Barack Obamayang diusung oleh Partai Demokrat berhasil mengalahkan Mitt Roomney yang diusung Partai Republik. Sumber: 12.

No comments:

Post a Comment