Thursday, October 18, 2012

Jakub Halik, Pria Tanpa Jantung Selama 6 Bulan Akhirnya Wafat


Share to:


Reuters
Pria asal Ceko, Jakub Halik (37), mampu bertahan selama enam bulan tanpa jantung. Namun, pada 17 Oktober 2012, Halik meninggal.

Laman BBC memberitakan, sejak menjalani operasi pada April 2012, fungsi jantung Halik digantikan dengan dua pompa medis. Sebab, manatan petugas pemadam kebakaran ini menderita tumor ganas.

Selama enam bulan itu, Halik harus membawa batere sebagai tenaga pompa yang menggantikan jantungnya. Meski demikian, Halik masih bisa berjalan-jalan mengelilingi rumah sakit tempat dia drawat.

Tim dokter menyatakan kematian Halik ini bukan disebabkan kegagalan alat bantu jantung itu. Dokter mengklaim Halik meninggal karena kegagalan liver. Namun, dokter tidak menjelaskan seperti apa kegagalan liver yang dialami oleh Halik. Mereka mengatakan masih menunggu data-data pos-mortem.

Sejatinya, selam ini Halik tengah menunggu pendonor jantung yang cocok dengan tubuhnya. Namun sayang, dia tidak bisa menerima donor jantung lebih awal karena kanker yang diderita menyebabkannya tidak bisa mengonsumsi obat yang menunjang keberhasilan transplantasi jantung.
***
Opersi terhadap Halik dilakukan oleh Jan Pirk, Direktur Cardiologi dari Institute of Clinical and Experimental Medicine, Praha. Tim Prik menggunakan dua pompa plastik, yang masing-masing didesain untuk memisahkan bagian kanan dan kiri jantung.

Pada Agustus yang lalu, atau lebih empat bulan setelah menjalani operasi, Halik mengaku secara fisik sehat. Bahakan dia mengatakan telah memilih jalan yang benar. Halik juga mengatakan bahwa hidup tanpa jantung adalah pengalaman yang tidak sulit.

No comments:

Post a Comment