Saturday, October 27, 2012

Sanghyang Memedi, Tari Mistis Langka dari Bali


Share to:

http://setda.bulelengkab.go.id
Sebuah pertunjukan seni langka, Sanghyang Memedi, digelar di Buleleng, Bali. Tari mistis ini menutup Festival Lovina di Pantai Binaria. Senin malam, 22 Oktober 2012. Ratusan orang berjubel di pantai itu. Tersedot mistisisme Sanghyang Memedi.

Tarian ini memang kental dengan mistis. Sebelum pertunjukan, pemuka agama Hindu melakukan doa terlebih dulu. Sementara itu, dua orang ditugaskan bersemedi. Sampai kerasukan. Trance.

 Setelah kerasukan itulah kedua yang kerasukan itu langsung menyerang api unggun yang telah diseiapkan. Menari di atas bara. Kedua orang ini hanya mengenakan pakaian sekedarnya. Mereka juga mengenakan pakaian dari daun pisang kering—di daerah saya disebut klaras. Sehingga mereka menyerupai memedi.

Aura mistis semakin kental. Sekelompok orang menyanyikan lagu ‘pengantar roh’. Diiringi dengan tetabuhan khas Bali. Acara ini baru selesai saat kedua penari yang kerasukan itu pingsan.

Bagi masyarakat Bali, ritual mistis ini nyaris punah. Tarian ini tak dilakukan lagi hampir dua dekade lamanya. Dulu kala, ritual ini digunakan untuk tolak bala. Tarian ini biasanya hanya dilakukan oleh pria yang usianya sudah tua. Dilakukan pada malam hari, sampai tengah malam. Sumber. Lihat videonya di VIVAews.

No comments:

Post a Comment