Sunday, October 21, 2012

G-Land, Surga Peselancar Dunia


Share to:
Surga para peselancar itu ada di ujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi. Pesona Ombaknya mengundang peselancar dunia

G-Land. Mungkin nama itu asing di terlinga Anda. Itu nama beken sebuah pantai yang digandrungi para peselancar. Lokasinya di ujung timur Pulau Jawa. Wilayah Banyuwangi. Masyarakat lokal menyebutnya dengan nama Plengkung.

Termasuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Nama G-Land diambil dari sebuah pantai di selatan Banyuwangi. Grajagan. Pantai ini merupakan pintu masuk melalui laut menuju G-Land.

G-Land merupakan surga bagi para peselancar. Dikenal sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Hanya Hawaii, Australia, dan Afrika Selatan yang punya ombak seperti G-Land. Tempat ini sudah lima kali jadi ajang surfing internasional.

Tinggi ombak sekitar 4-6 meter. Sepanjang 2 kilometer dalam formasi 7 gelombang bersusun. Ombak di wilayah ini sering disebut dengan “twenty-twenty”. Artinya 20 menit mendayung ke tengah, 20 menit berselancarke pantai.

Ombak di G-Land terbagi tiga tingkatan. Kong, speedis, dan many track. Masing masing ombak berada di area yang berbeda. Kong merupakan ombak yang tingginya mencapai 6-8 meter. Paling dicari oleh peselancar internasional. Speedis, mempunyai ketinggian 5-6 meter. Jadi konsumsi peselancar professional. Sedangkan Many track tingginya 3-4 meter. Para peselancar internasional banyak datang ke tempat ini pada bulan Maret-Juni. Sambil menunggu bulan Juli-September. Di mana ombak G-Land mencapai puncak. Bagi peselancar pemula, jangan khawatir. Pantai Batu Lawang sangat cocok untuk belajar. Lokasinya tak jauh dari G-Land. Ombak many track menarik dijajal.

Bagi yang tidak suka selancar, jangan khawatir. Banyak pesona alam di Alas Purwo. Alami, belum terjamah. Berbagai vegetasi dan fauna ada di hutan perawan ini. Pantai di sini juga menarik. Putih. Soal akomodasi, ada cottage. Selain itu, bisa berkemah di pantai.

Jika Anda ingin berkunjung, ada dua jalur. Pertama melalui darat. Dari Banyuwangi ke Kalipahit menggunakan bus (59 km). Lanjut dengan sewa mobil atau ojek. Kalipahit-Pasar Anyar-Prianggulasi-Pancur-Plengkung/ G-Land. Jalur kedua. Banyuwangi-Benculuk (35 km) dengan bus. Benculuk-Grrajagan (18 km) angutan desa. Grajagan-Plengkung/ G-Land dengan speedboat.

No comments:

Post a Comment